Dasar dan Umum
- Mampu memilih alat/instrument yang tepat untuk mengamati suatu fenomena atau untuk mengukur suatu parameter percobaan.
Contoh soal: Jika anda diminta untuk menentukan berat jenis suatu benda, apa saja peralatan yang diperlukan, apa fungsinya?
- Terampil menggunakan alat
Keterampilan menggunakan peralatan akan memnentukan hasil pengamatan atau pengukuran dengan akurat. Terampil tidaknya seseorang menggunakan peralatan dapat dilihat dari:
- cara memegang atau meletakkan alat, jika salah maka kinerja alat mungkin tidak maksimal
- cara menghidupkan dan mematikan, salah dalam melakukan hal ini dapat menyebabkan alat rusak
- cara membaca nilai atau angka yang ditunjukkan alat, kesalahan membaca nilai atau angka pada alat berakibat pada tidak bergunanya data yang diperoleh
Contoh soal: Di hadapan saudara ada alat untuk mengukur suhu. Coba saudara gunakan alat tersebut untuk mengukur suhu larutan yang tersedia.
- Terampil melakukan pengukuran menggunakan peralatan standar secara cepat dan akurat terhadap variable:
- Jarak
- Besar sudut (termasuk membaca kompas)
- Suhu
- Berat
- Volume
- Tekanan
- Keasaman
- Salinitas
- Kecerahan air
- Ketinggian tempat, dan lain-lain
Catatan: Cepat artinya waktu pengukuran yang dibutuhkan sampai memperoleh hasil (nilai) tidak melampaui batas waktu maksimum yang dapat ditolerir. Akurat artinya angka yang diperoleh sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
Contoh soal:
· Di hadapan saudara ada sebuah batu kali. Gunakan peralaran yang ada dihadapan saudara lalu tentukan volume batu tersebut dalam waktu tidak lebih dari 3 menit.
· Di hadapan saudara ada sekantung gula pasir. Gunakan neraca lengan yang disediakan lalu tentukanlah berat gula tersebut dalam waktu tidak lebih dari satu menit.
- Terampil membuat sediaan (preparasi) bahan percobaan
- Membuat larutan standar
- Membuat preparat (hewan atau tumbuhan) segar
Contoh soal:
· Di meja anda telah tersedia garam dapur dan gula pasir, buatlah larutan oralit yang mengandung gula 65% dan garam 35%
· Buatlah larutan HCl 0,1 N dari HCl yang ada di meja saudara
· Di hadapan saudara ada daun suji (Rhoeo discolor), buatlah preparat segar (slide) lapisan epidermis daun tumbuhan tersebut, sampai siap untuk diamati di bawah mikroskop.
- Terampil merancang lembar (form) data pengamatan
Keterampilan ini dapat dilihat dari ketepatan dalam menempatkan kelompok data menurut variable dan ulangannya pada kolom atau baris pada form table.
Contoh soal:
Anda diminta melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh pupuk KCl dan kadar air tanah terhadap tinggi tanaman tomat. Buatlah rancangan table data yang tepat untuk percobaan tersebut, jangan lupa gunakan variable dan satuan yang tepat.
- Terampil menginterpretasi data
- Membaca kecenderungan data
- Menarik kesimpulan
Contoh soal:
Perhatikan angka-angka pada table di bawah ini lalu buatlah kesimpulan yang tepat terhadap data pada table tersebut
Tabel 1. Pengaruh pemberian NPK dan kompos pada hasil panen padi, jagung, dan kedelai
Jenis tanaman | Hasil panen per hektar tanaman menurut jenis pupuk (kwintal ) | |||
Tanpa pupuk | NPK | Kompos | NPK+Kompos | |
Padi | 9 | 19 | 10 | 12 |
Jagung | 7 | 13 | 13 | 16 |
Kedelai | 9 | 11 | 10 | 15 |
- Mampu merencanakan riset sederhana
- Merumuskan masalah
- Menetapkan variable riset
Contoh soal:
Seorang siswa ingin mengetahui apa pengaruh pemanasan kayu meranti terhadap kekuatan kayu tersebut sebagai bahan bangunan. Perlakuan apa yang perlu diberikannya pada kayu? Apa saja vatiabel bebas dan variable terikatnya? Apa satuan masing-masing variable tadi?
No comments:
Post a Comment